5 Penyerang Terbaik Swedia Sepanjang Masa

Swedia merupakan salah satu Negara Eropa yang kerap melahirkan penyerang-penyerang handal kelas dunia. Sejak keberhasilan menjadi runner up Piala Dunia 1958, Swedia konsisten melahirkan pemain-pemain kelas dunia di berbagai macam posisi. Namun, bagi publik sepakbola, Swedia lebih dikenal akan produksi penyerang-penyerang kelas wahid.

Siapa saja penyerang-penyerang terbaik dari Swedia? Berikut ini 5 penyerang terbaik Swedia sepanjang masa.

1. Zlatan Ibrahimovic
Nama ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta sepakbola Eropa. Ibrahimovic adalah legenda hidup Swedia. Karirnya di klub sangat moncer. Berbagai gelar bergengsi berhasil dia raih bersama klub yang dibelanya. Mulai menjuarai liga Champions bersama Barcelona, mempersembahkan Scudetto kepada 3 klub Italia berbeda, hingga mempersembahkan 3 gelar liga Perancis secara berturut-turut.
2. Henrik Larsson
Sebelum era Ibra, Henrik Larsson merupakan penyerang terbaik yang dimiliki Swedia. Selama membela Swedia di kancah internasional, Larsson berhasil mencetak 36 gol dari 106 penampilan. Di level klub, Larsson meraih kesuksesan besar saat memperkuat Glasgow Celtic dan raksasa La Liga, Barcelona.

3. Kenneth Anderson
Mantan penyerang Lazio ini menjadi salah satu pemain kunci saat Swedia berhasil menjadi juara ketiga Piala Dunia 1994. Dari 83 laga yang dijalaninya bersama timnas Swedia, Anderson berhasil membukukan lebih dari 30 gol.
4. Marcus Alback
Penyerang yang mempunyai wajah garang ini menjadi salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Swedia. Di level klub, Alback pernah melanglangbuana di beberapa liga Eropa seperti Italia, Inggris, Jerman, dan Denmark. dari 74 penampilannya bersama Swedia, Alback sukses menyarangkan 30 gol. Kini, Alback menjabat sebagai asisten pelatih timnas senior Swedia.

5. Thomas Brolin
Mantan penyerang andalan AC Parma ini menjadi salah satu legenda Swedia. Bersama Parma, Brolin sukses mempersembahkan gelar Coppa Italia dan Uefa Cup. Prestasi terbaiknya bersama Swedia adalah membawa timnas Swedia menjadi juara ketiga di Piala Dunia 1994. Selama karirnya bersama timnas, Brolin berhasil menceploskan 27 gol dari 47 penampilan.
Itu tadi 5 penyerang terbaik Swedia sepanjang masa. Kesuksesan Swedia melahirkan penyerang-penyerang handal patut diapresiasi. Talenta-talenta dari Swedia khususnya yang berposisi sebagai striker menjadi komoditas tersendiri di persepakbolaan Swedia.