5 Pesepakbola Jepang Terbaik Sepanjang Sejarah

Sepakbola Jepang mengalami perkembangan yang cukup signifikan di awal 90-an. Beberapa pesepakbola asal Jepang mulai bisa menembus Eropa di tahun-tahun tersebut. Bisa dibilang Jepang menjadi salah satu pelopor invasi pesepakbola Asia di tanah Eropa. Lalu, siapa saja pesepakbola terbaik yang pernah dilahirkan dari negeri Sakura tersebut? Berikut ini 5 pesepakbola Jepang terbaik sepanjang sejarah.

  1. Hidetoshi Nakata

Berbicara mengenai pesepakbola Jepang terbaik, belum sah rasanya jika tak menyebut nama Hidetoshi Nakata. Pemain ini melejit namanya lewat aksinya di Piala Dunia 1998, yang membuat klub Serie A saat itu, Perugia kepincut untuk membelinya. Dua tahun membela Perugia, Nakata kemudian pindah ke raksasa Italia, AS Roma. Di AS Roma, Nakata turut menjadi bagian dari tim serigala ibukota dalam merengkuh gelar Scudetto Italia. Keberhasilan Nakata menembus Eropa, membuat namanya selalu dikenang sebagi ikon sepakbola Jepang dan Asia.

  1. Shunsuke Nakamura

Setelah Nakata, muncul nama-nama lain dari Jepang yang berhasil menembus Eropa. Salah satunya adalah Shunsuke Nakamura. Pemain yang memiliki tendangan bebas maut ini pernah menjadi andalan raksasa Skotlandia, yaitu Glasgow Celtic dalam meraih berbagai gelar domestik. Selain itu, Nakamura juga pernah berhasil mengantarkan negaranya menjadi kampiun Asia di tahun 2004.

  1. Shinji Kagawa

Namanya melejit saat menjadi bagian penting dari tim Borussia Dortmund. Saat memperkuat Dortmund, Kagawa berhasil mempersembahkan 2 gelar Bundesliga. Kagawa kemudian dibeli oleh Manchester United. Di United, Kagawa mempersembahkan satu trofi Premier League untuk Setan Merah. Hingga saat ini, Kagawa masih tercatat sebagai pemain inti tim nasional Jepang.

  1. Junichi Inamoto

Selain Nakata, ada satu pesepakbola Jepang lain yang mencuri perhatian publik sepakbola di era Millenium baru. Dialah Junichi Inamoto. Inamoto dikenal publik sepakbola saat memperkuat Arsenal di tahun 2001. Selama karirnya, Inamoto pernah bermain di tujuh klub liga teratas Eropa, dari Inggris, Jerman, Perancis, hingga Turki.

  1. Yasuhito Endo

Tak seperti kompatriotnya yang lain, Endo menjadi salah satu pemain terbaik Jepang yang tak pernah bermain di luar negeri, khususnya Eropa. Meskipun begitu, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini menjadi bagian penting dari timnas Jepang. Saat berada di permainan terbaiknya, satu tempat di lini tengah Jepang dipastikan menjadi milik pemain Gamba Osaka ini.

Itu tadi 5 pesepakbola Jepang terbaik sepanjang sejarah. Negeri Sakura memang menjadi salah satu Negara sepakbola terkuat di Asia dalam bidang sepakbola. Tak heran jika Jepang selalu melahirkan pemain-pemain terbaik dari waktu ke waktu.