5 Pesepakbola Kroasia Terbaik Sepanjang Masa

Sejak Yugoslavia pecah menjadi beberapa Negara, peta persepakbolaan Eropa juga mengalami perubahan. Salah satu Negara pecahan Yugoslavia yang mengalami perkembangan sepakbola yang cukup signifikan adalah Kroasia. Negara merdeka pada 25 Juni 1991 ini menjadi salah satu tim kuda hitam di kawasan Eropa.

Salah satu prestasi terbesar Kroasia di kancah persepakbolaan dunia adalah ketika menempati peringkat ketiga di Piala Dunia 1998. Sejak saat itu, Kroasia menjadi salah satu Negara Eropa yang disegani karena melahirkan banyak pesepakbola kelas dunia. Berikut ini 5 pesepakbola Kroasia terbaik sepanjang masa.

1. Davor Suker
Penyerang yang satu ini menjadi pusat perbincangan ketika secara mengejutkan membawa Kroasia tampil trengginas di Piala Dunia 1998. Di ajang tersebut, Suker dihadiahi Sepatu Emas setelah berhasil memuncaki daftar top skor Piala Dunia 1998 Perancis. Dari 69 pertandingan yang dijalaninya bersama Kroasia dari 1992 hingga 2002, Suker telah berhasil mengkoleksi 45 gol.

2. Zvonimir Boban
Boban juga menjadi salah satu pemain kunci di skuad Piala Dunia 1998. Di level klub, bersama AC Milan, prestasi Boban cukup mentereng. Boban turut mempersembahkan 4 Scudetto dan satu gelar liga Champions. Dari tahun 1991 hingga 1999, Boban telah mengkoleksi 51 caps dan mencetak 12 gol.

3. Luka Modric
Modric saat ini masih aktif bermain di klub raksasa Eropa, Rela Madrid. Modric selalu berhasil membawa Kroasia selalu lolos ke babak utama Piala Dunia dan Piala Eropa. Mantan pemain Tottenham Hotspurs ini masih memiliki waktu untuk memberikan prestasi gemilang bagi Kroasia di ajang Euro 2016 tahun depan.

4. Niko Kovac
Niko Kovac merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki oleh Kroasia. Selama 12 tahun memperkuat timnas Kroasia di berbagai laga, gelandang serang ini berhasil mengkoleksi 14 gol dari total 83 penampilan. Kini, Niko Kovac dipercaya untuk mengarsiteki timnas Kroasia yang akan berlaga di Euro 2016.

5. Alen Boksic
Pemain yang absen di Piala Dunia 1998 karena cedera ini menjadi salah satu andalan Kroasia di lini depan. Beberapa klub besar Eropa pernah dijadikan pelabuhan pemain satu ini, seperti Juventus dan Lazio. Boksic memperkuat timnas Kroasia antara tahun 1993 hingga 2002, berhasil membukukan 40 caps dan mencetak 10 gol.
Itu tadi beberapa pesepakbola terbaik Kroasia sepanjang masa. Kroasia memang menjadi salah satu kuda hitam di kawasan Eropa. Kita tunggu saja kejutan Kroasia di ajang Piala Eropa 2016 mendatang.