5 Pesepakbola Terbaik Portugal Sepanjang Masa

Portugal siap menggebrak ajang Euro 2016 di Perancis tahun depan. Dengan materi pemain yang cukup mumpuni, Portugal difavoritkan sebagai kandidat terkuat peraih gelar Euro edisi tahun 2016 mendatang. Apalagi ada salah satu pesepakbola terbaik sejagad di skuad timnas Portugal saat ini.

Melihat ke belakang, banyak pemain-pemain berkualitas yang pernah dilahirkan oleh Portugal. tak hanya sukses saat membela timnas, beberapa pesepakbola Portugal juga meraih kesuksesan bersama klubnya. Berikut ini 5 pesepakbola Portugal terbaik sepanjang masa.

  1. Cristiano Ronaldo

Seperti yang sudah diesebutkan di awal, bahwa Portugal saat ini dihuni oleh salah satu pesepakbola terbaik sejagad. Siapa lagi kalau bukan Cristiano Ronaldo. Peraih 3 gelar pemain terbaik dunia ini memang menjadi harapan Portugal untuk meraih prestasi. CR7 sudah menuliskan namanya sendiri di buku sejarah persepakbolaan Portugal dan juga dunia.

  1. Eusebio

Pemain yang besar bersama Benfica ini menjadi salah satu psepakbola terbaik yang pernah dilahirkan Portugal. Hingga saat ini, Eusebio masih tercatat sebagai top skor sepanjang masa Benfica dengan torehan 638 gol. Eusebio berhasil mengantarkan Portugal menjadi peringkat ketiga Piala Dunia 1966 sekaligus menjadi top skor di ajang tersebut.

  1. Luis Figo

Sebelum Cristiano Ronaldo, ada nama Luis Figo yang menjadi andalan timnas Portugal. Pemain sayap yang pernah bermain untuk klub elit Eropa seperti Barcelona, Real Madrid, hingga Inter Milan ini menorehkan 127 caps dan 32 gol. Prestasi gemilang Figo di level klub memang tak banyak pemain yang bisa menyaingi.

  1. Rui Costa

Bersama Luis Figo, Rui Costa merupakan bagian dari generasi emas Portugal. Rui Costa memperoleh berbagai gelar di level klub bersama AC Milan. Di timnas, gelandang serang yang satu ini berhasil menceploskan 26 gol dari total 94 laga yang sudah dijalani.

  1. Paolo Futre

Namanya mungkin sedikit asing di telinga pecinta sepakbola, namun prestasinya tidak boleh diragukan begitu saja. Pemain satu ini pernah menempati urutan kedua peraih gelar Ballon d’Or di tahun 1987. Dia juga menjadi pemain termuda yang debut untuk timnas Portugal, saat itu usianya baru menginjak 17 tahun.

Demikian tadi 5 pesepakbola terbaik Portugal sepanjang masa. Di level internasional Portugal mungkin belum pernah merasakan manisnya gelar juara. Namun, harapan untuk menjadi yang terbaik di Eropa dan dunia masih ada.