5 prestasi tertinggi Parma

AC Parma merupakan salah satu dari 7 klub Italia yang dulu pernah dijuluki sebagai Magnificent Seven Serie A di awal pertengahan 90an hingga awal 2000an. Kini, Parma bermain di Serie D Italia, kompetisi level keempat di Italia. Kejayaan Parma runtuh seketika karena dilanda krisis keuangan musim lalu. Klub yang dulu melahirkan bintang-bintang sepakbola dunia seperti Buffon, Veron dan Crespo ini kini harus kembali merangkak dari bawah. Sejak berdiri di tahun 1915, Parma memiliki beberapa pencapaian yang bisa dibanggakan. Berikut ini 5 pencapaian terbaik AC Parma di jagad sepakbola Italia dan Eropa.

  1. Coppa Italia 1992

Trofi besar pertama yang direngkuh oleh Parma adalah Coppa Italia musim 1991/1992. Trofi tersebut merupakan trofi Coppa Italia pertama yang diraih Parma. Raihan trofi tersebut juga menandai dimulainya masa kejayaan Parma di Italia dan Eropa.

  1. Winners Cup 1993

Setahun setelah menjuarai Coppa Italia, Parma langsung bisa merengkuh trofi antar klub Eropa di kesempatan pertamanya. Winners Cup yang kini setara dengan Europa League menjadikan nama Parma semakin melejit di daratan Eropa. Di final, Parma berhasil mengalahkan klub Belgia Antwerp.

  1. Runner Up Serie A 1997

Di musim 1996/1997 secara mengejutkan Parma berhasil menjadi runner up Serie A di bawah Juventus. Keberhasilan di musim 1996/1997 tersebut merupakan pencapaian tertinggi AC Parma di ajang Serie A Italia. Di musim inilah Parma sukses melahirkan bintang-bintang sepakbola seperti  Fabio Cannavaro, Juan Sebastian Veron, Hernan Crespo hingga Gianluggi Buffon.

  1. Double Winners 1999

Kesuksesan Parma berlanjut di musim 1998/1999. Di musim tersebut Parma berhasil meraih double winners saat menjuarai Coppa Italia dan UEFA Cup. Parma yang saat itu dilatih oleh Alberto Mallesani sukses memberikan 2 gelar bergengsi kepada publik Ennio Tardini.

  1. Coppa Italia 2001

Gelar Coppa Italia di musim 2000/2001 ini merupakan gelar terakhir yang berhasil diraih Parma. Mengandalkan pemain-pemain sisa, Parma sukses mengalahkan Juventus di final. Gelar tersebut juga sekaligus mengakhiri masa kejayaan Parma di kancah sepakbola Italia dan Eropa.

Itu tadi 5 prestasi tertinggi Parma di kancah sepakbola Italia dan Eropa. Kejayaan Parma kini hancur lebur akibat krisis keuangan. Kita tunggu saja kembalinya kuda hitam terbaik di Italia ini ke ajang Serie A.