5 Stadion Bintang Lima Terbaik di Eropa

Eropa memang dikenal sebagai kiblat sepakbola dunia. Segala macam hal yang berhubungan dengan regulasi,system hingga model infratuktur banyak ditiru oleh Negara-negara di benua lain. Salah satu hal yang patut dicontoh oleh konfederasi lain adalah pengelompokkan jenis stadion. Di eropa terdapat regulasi yang menilai kelayakan sebuah stadion dalam menggelar pertandingan. Stadion di kawasan Eropa dibagi ke dalam beberapa kategori, dari bintang satu hingga bintang lima. Kategori stadion bintang lima adalah stadion elit yang mempunyai kapasitas besar dan juga fasilitas kelas wahid.

Berikut ini 5 stadion bintang lima terbaik di kawasan Eropa.

  1. Allianz Arena

Stadion yang mempunyai kapasitas 70.000 tempat duduk ini adalah kandang dari raksasa Jerman, Bayern Munchen. Allianz Arena masuk kategori bintang lima karena fasilitas penunjang stadion yang sangat lengkap. Dari ruang pers yang luas, tempat parkir VIP, tribun all-seat, tribun VIP dan masih banyak lagi.

  1. Camp Nou

Camp Nou merupakan salah satu stadion terbesar di Eropa. Stadion klub Barcelona ini mempunyai kapasitas hampir 100.000 tempat duduk. Camp Nou juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas mewah seperti ruang media yang nyaman, lounge, restoran, dan sarana penunjang lainnya.

  1. Olimpico Roma

Kandang dari duo klub ibukota Roma dan Lazio ini adalah stadion terbaik di Italia. Salah satu hal yang membuat Olimpico Roma masuk dalam kategori bintang lima adalah tingkat keamanan yang sangat tinggi. Stadion ini sendiri memiliki kapasitas 70.000 tempat duduk.

  1. Santiago Bernabaeu

Stadion ini juga merupakan salah satu stadion terbesar di Eropa. Kandang raksasa Spanyol, Real Madrid ini memang dikenal dengan berbagai fasilitas istimewa bagi para pengunjungnya. Tak salah jika stadion yang berkapasitas lebih dari 80.000 tempat duduk ini masuk dalam kategori bintang lima.

  1. Wembley

Wembley merupakan stadion kebanggaan warga Inggris. Setelah dipugar, stadion ini langsung masuk dalam daftar stadion bintang lima Eropa. Dengan insfratuktur mewah dan elegan membuat stadion yang kini berkapasitas 80.000 tempat duduk ini kerap dijadikan venue final liga Champions Eropa.

Itu tadi 5 stadion bintang lima terbaik di kawasan benua Eropa. Selain kelima stadion tadi ada beberapa stadion lain yang juga masuk kategori stadion bintang lima. Klasifikasi stadion ala UEFA ini memang patut ditiru oleh konfederasi lainnya di dunia.