Aktor Kunci Kesuksesan Irlandia Utara Menembus Euro 2016

Irlandia Utara akhirnya memastikan satu tiket babak utama Euro 2016 Perancis. Kepastian tersebut didapat setelah anak asuhan Martin O’Niell tersebut berhasil mengalahkan Yunani dengan skor 3-1, di Belfast Irlandia Utara. Hasil tersebut membuat perolehan poin Irlandia Utara menjadi 20 dan tidak bisa dikejar peringkat ketiga, Hungaria. Peringkat pertama dan kedua di tiap grup otomatis lolos ke babak utama Euro 2016. Ini adalah momen bersejarah bagi Negara tersebut, karena hampir setengah abad lamanya Irlandia Utara tidak pernah turut serta dalam babak utama turnamen tersebut.

Karena terakhir kali Irlandia Utara berpartisipasi dalam turnamen tersebut adalah pada tahun 1968.
Tangan dingin Martin O’Neill memang memberikan tuah tersendiri bagi timnas Irlandia Utara. Mantan pelatih Aston Villa tersebut mampu meracik tim yang bermaterikan pemain-pemain non-bintang menjadi skuad yang mumpuni. Di tim ini sendiri ada 3 pemain kunci yang sangat berperan dalam kesuksesan Irlandia Utara. Berikut ini adalah 3 pemain kunci Irlandia Utara tersebut.

1. John O’shea
Bek serba bisa yang bermain untuk klub Premier League Inggris, Sunderland ini, menjadi kapten sekaligus pemimpin lini pertahanan Irlandia Utara. Pengalamannya di level atas sepakbola Eropa membuat barisan pertahanan Irlandia Utara sulit ditembus. Mantan pemain Manchester United ini menjadi panutan pemain-pemain lain di lapangan.

2. Steven Davies
Gelandang Southampton ini menjadi aktor penting kesuksesan Irlandia Utara di ajang kualifikasi Euro 2016. Selain menjadi jenderal lini tengah, Davies juga sangat piawai dalam mencetak gol. Dua golnya ke gawang Yunani memastikan langkah Irlandia Utara di babak utama Euro 2016 Perancis.

3. Johnny Evans
Bek berusia 27 tahun ini menjadi rekan O’Shea di lini pertahanan Irlandia Utara. Mantan pemain Manchester United ini berhasil menjadi tembok kuat di lini belakang. Cederanya Evans membuat O’Neill kehilangan sosok penting di lini belakang. Kesuksesan Irlandia Utara, tak bisa lepas dari pemain West Brom tersebut.

Tanpa mengecilkan peran pemain lain, ketiga pemain tersebut merupakan aktor penting dalam kesuksesan Irlandia Utara dalam menembus babak utama Euro 2016. Keberhasilan Martin O’Neill ini patut dirayakan warga Irlandia Utara. Kita tunggu saja kejutan John O’shea dkk. di perhelatan Euro 2016 di Perancis tahun depan.