Arsenal dan Chelsea Terancam Susul United ke Europa League

Manchester City kemungkinan bisa menjadi satu-satunya wakil Inggris di babak 16 besar liga Champions musim ini. Setelah Manchester United gagal lolos, kini giliran 2 klub Inggris lainnya yang nasibnya akan ditentukan nanti malam, yaitu duo klub London, Arsenal dan Chelsea. Arsenal masih menghuni peringkat ketiga grup F Liga Champion di bawah pimpinan klasemen yang sudah dipastikan lolos, Bayern Munchen dan runner up Olympiakos. Arsenal terpaut tiga poin dari peringkat kedua Olympiakos yang sudah mengkoleksi 9 poin. Jika ingin lolos, Arsenal wajib menang di kandang Olympiakos di matchday terakhir liga Champions Eropa grup F.

Laga hidup dan mati akan tersaji di matchday terakhir grup F dimana Olypimpiakos harus menjamu Arsenal di Yunani. Tuan rumah hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke babak selanjutnya. Sedangkan Arsenal harus menang jika ingin lolos ke babak 16 besar.  Pelatih Arsenal, Arsene Wenger sangat percaya diri jelang laga hidup dan mati tersebut. Menurutnya, beban lebih besar berada pada kubu Olympiakos.

“Beban lebih besar berada pada Olympiakos. Cara terbaik untuk lolos dari babak kualifikasi ini adalah percaya pada kualitas kami. Kami ingin meraih hasil terbaik di Eropa, dan satu-satunya cara untuk meraih hasil tersebut adalah menang di kandang Olympiakos,” ujar Arsene Wenger.

Sementara itu di grup G, klub London lainnya, Chelsea juga harus menjalani laga hidup dan mati. The Blues yang sedang terpuruk di ajang Premier League harus menjamu peringkat kedua, FC Porto. Meski sedang memimpin klasemen, Chelsea bisa saja tergusur oleh Porto dan Dynamo Kiev yang ketiganya hanya berselisih 2 poin saja. Berhadapan dengan mantan klub yang berhasil dia bawa menjuarai liga Champions satu dekade lalu, Jose Mourinho sangat percaya diri. Menurut mantan pelatih Inter Milan dan Real Madrid ini, anak asuhannya akan bisa mengatasi FC Porto di matchday terakhir tersebut.

“Saya yakin dengan kualitas para pemain. Meski kami banyak meraih hasil kurang memuaskan di Premier League, namun saya sangat yakin kami akan lolos ke babak berikutnya,” ujar Jose Mourinho.

Jika ingin lolos ke babak 16 besar Liga champion, Chelsea minimal bermain imbang dengan Porto. Jika Porto berhasil menang dan di laga lain Dynamo Kiev juga berhasil menang, maka Chelsea akan menyusul Manchester United ke Europa League.