Arsene Wenger: “Prinsip & Filosofi Jadi Pegangan Kuat Untuk Jadi Seorang Manajer”

Pelatih kawakan Liga Primer Inggris, Arsene Wenger selalu memiliki cerita tersendiri dalam mengarsiteki klub nya sekarang ini. Bersama Arsenal, dirinya sudah menjalani puluhan tahun dengan berbagai macam gelar juara di level domestik maupun Eropa. Lantas satu hal yang menjadikan Wenger selalu jadi yang terbaik adalah sebuah prinsip dan filosofi yang selalu menjadi pegangan dirinya dalam setiap menjalani satu musim penuh.

Menurut pelatih asal Prancis ini, untuk menjadi seorang menajer yang hebat adalah bisa menahan berbagai macam kritik dengan berpegan teguh kepada prinsip nya masing-masing dan pembuktian dengan hasil yang baik adalah jawabannya.

Alhasil tidak sedikit publik Inggris memberikan gelar kepada Wenger sebagai The Proffesor dan tidak jarang pujian serta sanjungan datang dari fans The Gunners itu sendiri.

Namun seiring berjalan nya waktu dan tidak ada nya gelar dalam beberapa tahun belakang ini, tengah membuat goncangan di kubu Wenger goyah. Lantas dorongan untuk mundur dan meminta segera menghadirkan gelar sudah menjadi makanan sehari-hari Wenger.

Tekanan ini muncul usai Wenger dianggap gagal dalam mewujudkan harapan besar fans Arsenal. Akan tetapi dalam menanggapi hal ini, Wenger pun menjawab nya dengan penuh keyakinan untuk terus percaya diri dan keberanian untuk membuktikan semua itu salah. Namun jangan sekali-kali melarikan diri dalam masalah yang belum selesai.

“Akan ada dalam situasi anda berada di posisi tekanan yang selalu menekankan apakah anda bisa atau tidak. Ini hanya masalah keyakinan saja dan penilaian orang menjadi jawaban nya,” ungkap Wenger kepada media.

“Selanjutnya anda akan mulai berpikir dan apa yang anda harus lakukan. Namun satu yang pasti, anda harus kuat menghadapinya dan mengambil jarak untuk itu. Ini akan memperkuat keyakinan anda. Saya yakin seorang manajer yang hebat adalah bukan orang yang memiliki rencana-rencana hebat,”

“Ini yang membedakan seorang manajer dengan para intelektual. Seorang menajer adalah orang yang memiliki ide-ide sendiri dalam meracik sepakbola indah, namun selanjutnya dia juga perlu keberanian untuk mengambil keputusan untuk memainkan sepakbola yang seperti apa,”

“Seorang manajer juga memiliki pikiran untuk apa yang akan anda kerjakan dan apa yang anda inginkan dalam satu musim penuh. Tidak diharuskan pandangan orang lain anda jadikan sebagai contoh, namun yang lebih baik adalah filosofi yang anda tanam dalam dunia sepakbola. Maka dia akan memiliki kekuatan untuk memperjuangkannya,”

“Hal ini pula yang akan mengangkat anda, bermain dengan cara yang dia inginkan. Anda boleh saja melirik cara orang lain, namun setelah anda mendapatkan inspirasi dari luar. Akan tetapi anda harus membuat analisis anda sendiri dan apa yang benar-benar anda inginkan sebagai langkah anda selanjutnya.” tutupnya.