Barca Catat Rekor Sukses Jadi Juara Grup 11 Kali Berturut-turut

BarcelonaBarcelona menciptakan sebuah rekor spesial setelah berhasil mengalahkan Sporting CP di matchday 6 Liga Champions. Los Cules berhasil menyabet status sebagai juara grup untuk ke-11 kalinya secara berturut-turut.

Barca sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar sejak matchday 5 lalu. Dalam pertandingan terakhir melawan wakil Portugal, Sporting CP, Lionel Messi dan kawan-kawan menyempurnakan catatan mereka.

Barca mengalahkan Sporting di Camp Nou 2 – 0, Rabu (6 November 2017) dini hari WIB. Dua gol Barca dicetak Paco Alcacer di menit ke-59 dan bunuh diri mantan pemain mereka Jeremy Mathieu pada masa injury time. Kemenangan itu membuat Barca mengukuhkan diri sebagai juara Grup D dengan koleksi 14 poin. Mereka unggul tiga poin dari Juventus yang di saat bersamaan juga menang 2-0 atas Olympiakos.

Seperti dalam data yang dilansir oleh Opta, sebuah rekor tercipta dengan kepastian Barca menjadi juara grup. Tim asuhan Ernesto Valverde ini berhasil menjadi juara grup dalam 11 musim secara berturut-turut, laju terpanjang dalam sejarah Liga Champions.

Tercatat sejak musim 2007/2008, Barca selalu lolos ke fase knockout sebagai juara grup di Liga Champions. Selama itu, poin terbanyak yang dikumpulkan Barca di fase grup dicatat pada musim 2011/2012 dengan 16 poin hasil lima kemenangan dan satu kali imbang.

Selanjutnya, Barca tinggal menunggu tim mana yang akan menjadi lawan mereka di babak 16 besar. Di antara tim-tim yang finis runner-up dan berpotensi jadi musuh Barca, terdapat Bayern Munchen dan Chelsea.

“Kami tidak tahu tim mana yang akan menjadi lawan kami saat undian nanti. Kami akan terima siapa pun lawannya,” ungkap manajer Barca, Ernesto Valverde seperti yang dilansir dari Daily Mail.

Drawing babak 16 besar Liga Champions 2017/2018 akan berlangsung pada Senin, 11 Desember 2017 di markas UEFA di Nyon, Swiss.