BOPI: “Belum Ada Konfirmasi Formal Dengan Pihak PT GTS”

Rencana gelaran Kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) yang melibatkan tim-tim elite nasional Indonesia masih belum ada di Meja Badaan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Sekretaris Jenderal BOPI, Heru Nugroho mengatakan bahwa sejauh ini sama sekali belum ada komunikasi formal dengan PT GTS. Indonesia Soccer Championship merupakan ajang kompetisi yang akan digelar oleh PT Gelora Trisula Semesta (GTS).

ISC diprediksi sebagai cikal bakal pengganti Kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) yang sebelumnya dikelola oleh PT Liga Indonesia. ISC sebagai Turnamen pembuka, BOPI setuju-setuju saja. Tapi kalau untuk jangka panjang, kami ingin tahu hal-hal mengenai kontrak pemain dan klub, bayar pajak atau tidak, proyeksi keuangan mereka, punya jaminan bayar pemain atau tidak.

Format ISC A mirip dengan ISL. Terdiri dari 18 klub dan menggunakan format satu wilayah dengan sistem kandang dan tandang. Sementara ISC B bakal dihuni oleh 59 klub yang terbagi dalam delapan group untuk bertarung di Babak 16 besar. Berdasarkan informasi sebelumnya dari ketua penyelenggara Piala Bhayangkara yang juga CEO PT GTS, Joko Driyono mengatakan bahwa Piala Bhayangkara dapat menjadi Turnamen pramusim terakhir sebelum kompetisi Sepak Bola Indonesia begulir kembali suatu hari nanti.

Heru mengatakan bahwa saya dengar akan ada Piala Presiden yang kedua. Dan Operator yang lama ( Mahaka Sport), mereka yang pegang Copyright. Semustinya PT GTS harus menahan diri untuk menyelenggarakan Indonesia Soccer Champions sebagai kompetisi jangka panjang. Karena Organisasi Sepak Bola Indonesia yang diakui FIFA adalah PSSI. PSSI yang menang di Mahkamah Agung akan berencana menyelenggarakan kembali Indonesia Super League. Jika mau menyelenggarakan kompetisi yang sama, harus koordinasi dengan PSSI. Dan PSSI akan mengatur dan bekerjasama dengan BOPI selaku wakil dari pemerintah.

Mengapa PT Liga Indonesia selaku Operator Kompetisi Leagua belum bergerak ? Karena harus menunggu ijin dari pihak Kepolisian. Dalam beberapa pekan, pihak kepolisian pasti akan memberitahukan secepatnya karena harus konfirmasi kepada semua pihak. Kami harus juga harus mengikuti prosedur yang ditetapkan bahwa kami harus mendapat konfirmasi baru kami ijinkan menyelenggarakan kompetisi. (Han)