Daftar Stadion Terbaik di Tanah Italia

Berbicara mengenai sepakbola Eropa, tak lengkap rasanya jika tak menyebut nama Italia. Juara dunia empat kali ini merupakan salah satu Negara yang mempunyai perkembangan sepakbola yang paling maju. Tak hanya dari sistem kompetisi atau pembinaannya, namun Italia juga unggul dalam segi sarana dan prasarana, terutama stadion.

Italia memiliki beberapa stadion megah yang masuk kategori kelas A di Eropa. Stadion-stadion tersebut kerap digunakan sebagai perhelatan akbar kelas internasional. Berikut ini adalah 5 stadion terbaik di tanah Italia.

  1. Olimpico Roma

Stadion yang berkapasitas 70,000 tempat duduk ini merupakan salah satu stadion kelas A di Eropa. Kualitas dan fasilitas dari kandang klub Roma serta Lazio ini dianggap sebagai salah satuyang terbaik di Eropa. Tak heran jika UEFA kerap menjadikan stadion ini sebagai final liga Champions.

  1. San Siro/Giuseppe Meazza

Kandang dari duo klub asal Milano ini memiliki desain arsitektur yang cukup unik. Di masanya, stadion ini menjadi stadion yang besar Italia yang tidak memiliki lintasan atletik. Stadion yang mampu menampung hingga 80,000 orang ini juga masuk kategori stadion elit di Eropa.

  1. Juventus Stadium

Baru diresmikan pada tahun 2012, Juventus Stadium langsung menjadi stadion kebanggaan pendukung Si Nyonya Tua karena menjadi selain desainnya yang modern juga dimiliki oleh klub sendiri. Kapasitasnya mungkin hanya 40,000 tempat duduk namun desain yang sangat modern membuat Juventus Stadium menjadi salah satu stadion terbaik di tanah Italia saat ini.

  1. San Nicola Bari

Stadion ini merupakan salah satu stadion modern yang ada di Italia. Diresmikan pada tahun 1990 untuk keperluan Piala Dunia di Italia, San Nicola menjadi salah satu stadion yang sering dijadikan kandang timnas Italia ketika melangsungkan pertandingan level internasional.

  1. San Paolo

Jika ingin melihat stadion klasik, maka berkunjunglah ke stadion klub Napoli ini. Desain yang klasik menjadi ciri khas stadion yang mampu menampung hingga 60,000 pasang mata ini. Stadion ini juga menjadi saksi kehebatan pesepakbola terbaik sepanjang masa, Diego Maradona.

Demikian tadi 5 stadion terbaik di Italia. Semakin berkembangnya teknologi dan tingginya standart UEFA, membuat stadion-stadion di Italia ikut berbenah. Maka tak heran jika Italia memiliki jumlah stadion standart internasional yang cukup banyak.