Diego Lopez Yang Terlalu Tangguh Untuk Messi

Diego LopezKekalahan Barcelona dari Espanyol tidak terlepas dari kegagalana penalti Lionel Messi. Penalti yang gagal dimaksimalkannya seharusnya bisa menjadi momentum untuk Blaugrana.

Barcelona dipaksa menyerah 0 – 1 saat bertandang ke Stadion Cornellà-El Prat, Kamis (18 Januari 2018) dinihari WIB, di putaran pertama perempatfinal Copa del Rey. Gol semata wayang Oscar Melendo di menit ke-88 mengakhiri laju tak terkalahkan Barcelona setelah 29 pertandingan.

Tim besutan Ernesto Valverde tersebut tampil sangat dominan di pertandingan ini, namun kesulitan mendapatkan celah. Menguasai bola sebesar 72%, Los Cules melepaskan 12 tembakan dan hanya empat yang mengarah ke gawang. Espanyol hanya butuh tujuh tembakan untuk juga membukukan empat percobaan tepat target.

Barcelona sebenarnya punya momen yang bisa menjadi titik balik pada menit ke-62. Wasit Ricardo de Burgos menghadiahkan penalti kepada Los Cules setelah Sergi Roberto dijatuhkan Esteban Granero di kotak terlarang.

Messi ditunjuk untuk menjadi eksekutor dan mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang. Namun Diego Lopez ternyata cukup jeli dalam membaca arah bola dan menghalau jalannya bola.

Bagi Messi, kegagalannya kali ini menjadi catatan tersendiri di musim ini. Sudah tiga kali dia gagal menjaringkan bola dari titik putih dari enam kesempatan yang dia dalapatkan di seluruh ajang kompetitif. Opta mencatatnya jadi pemain La Liga yang paling banyak gagal penalti.

Sebaliknya untuk Lopez, keberhasilannya mengagalkan penalti Messi berbuah catatan positif untuknya. Kiper berkebangsaan Spanyol ini tercatat sudah dua kali menggagalkan eksekusi penalti Messi, lebih banyak dari kiper-kiper lainnya. Lopez juga jadi satu-satunya kiper Espanyol yang sudah pernah menahan penalti Messi di seluruh kompetisi.