Duel Sengit Antara Belgia dan Italia

Minggu ini merupakan jeda internasional, dimana banyak tim nasional yang akan melangsungkan pertandingan persahabatan. Salah satu laga pertandingan persahabatan yang ditunggu akhir pekan ini adalah tuan rumah Belgia yang akan menjamu 4 kali juara dunia, Italia. Pertandingan yang akan dilangsungkan di Stade Roi Baudouin Brussel, Belgia ini diperkirakan akan menjadi pertarungan sengit para bintang sepakbola top Eropa. Kedua kesebelasan sendiri telah memastikan diri untuk ikut serta dalam babak utama Euro 2016 Perancis.

Kubu tim nasional Belgia sendiri sedang sumringah. Pasalnya anak asuhan Marc Willmots tersebut untuk pertama kalinya dalam sejarah mampu menduduki peringkat teratas ranking FIFA di bulan November ini. Raihan tersebut membuat Vincent Kompany dkk. sangat disegani oleh tim-tim lain di dunia. Willmots akan tetap mengandalkan pemain-pemain yang merumput di liga top Eropa. Di lini belakang ada barisan bek asal Premier League seperti Vincet Kompany, Toby Alderweid, dan Jan Vertoghen. Di lini tengah, ada nama-nama beken seperti Radja Nainggolan dan Kevin De Bruyne.

Di lini depan sendiri, Belgia memiliki beberapa opsi seperti penyerang Liverpool Cristian Benteke, penyerang Everton Romelu Lukaku, hingga Dres Mertens. Barisan penyerang tersebut siap memporak porandakan bek-bek Italia. Sementara itu di kubu Gli Azzuri, Antonio Conte akan tetap mengandalkan nama-nama senior seperti Gianluigi Buffon, Leonardo Bonnuci, Giorgio Chiellini, hingga Andrea Pirlo. Conte sendiri juga memanggil nama-nama baru seperti Stefen Okaka dan penjaga gawang muda AC Milan yang namanya sedang diperbincangkan, Gianluigi Donnararuma.

Conte mempunyai banyak pilihan formasi. Di kualifikasi Euro 2016 lalu, mantan arsitek Juventus tersebut sering mengutak-atik formasi tim nasional Italia, dari 3-5-2, 4-2-3-1, hingga formasi favorit Conte yang baru 4-3-3. Italia akan tetap mengandalkan sayap-sayap eksplosif mereka seperti Antonio Candreva, Stpehen El Sharaawy, hingga Allesandro Florenzi. Sementara pemain Andrea Pirlo akan menjadi jenderal lini tengah Italia bersama Marco Veratti dan Ricardo Montolivo.

Pertarungan sengit antara peringkat pertama FIFA dengan juara dunia empat kali akan menjadi ajang pembuktian dua pelatih, Marc Willmots dan Antonio Conte. Duel dua tim raksasa Eropa yang akan menyajikan tontonan menarik bagi para penggemar sepakbola di seluruh dunia.