Gagal Bawa Timnas Amerika Serikat Ke Piala Dunia, Manajer Mengundurkan Diri

Bruce ArenaTim nasional Amerika Serikat gagal melaju ke putaran final Piala Dunia 2018. Sang pelatih Bruce Arena pun merasa bertanggung jawab atas kegagalan itu dengan memutuskan mundur dari jabatannya.

Bruce Arena belum genap satu tahun menjabat sebagai manajer timnas Amerika Serikat. Arena baru diangkat pada November 2016 untuk menggantikan Juergen Klinsmann yang dipecat setelah kekalahan beruntun dari Meksiko dan Kosta Rika. Sebagai informasi, ini merupakan periode kedua Arena di timnas AS setelah sebelumnya sempat melatih di tahun 1998-2006.

Tapi Arena gagal membawa Amerika Serikat lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Kekalahan dengan skor 1 – 2 dari kesebelasan Trinidad dan Tobago di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF ditambah kemenangan Panama dan Honduras membuat AS dipastikan hanya menjadi penonton dalam putaran final di Rusia tahun depan.

Amerika Serikat hanya finis di peringkat kelima klasemen akhir Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF. Ini merupakan pertama kalinya AS absen di Piala Dunia sejak tahun 1986. Arena pun lantas mengumumkan pengunduran dirinya pada Jumat (12 Oktober 2017) waktu setempat.

“Ketika saya menerima tawaran pekerjaan ini pada November lalu, saya tahu ada tantangan besar yang ada di depan saya, mungkin lebih dari yang bisa diapresiasi sebagian besar orang,” ungkap Bruce Arena dalam pernyataan di Federasi Sepakbola Amerika Serikat seperti dikutip Sky Sports.

“Semua yang terlibat dalam program ini memberikan segala yang mereka miliki selama 11 bulan terakhir dan, pada akhirnya, kami tidak berhasil. Saya tidak akan mencari-cari alasan. Kami gagal menuntaskan tugas dan saya bertanggung jawab.”

“Tentu saja ini adalah pukulan besar untuk program tim nasional senior dan pertanyaan sudah sepantasnya diajukan mengenai bagaimana kita bisa memperbaikinya. Tidak ada keraguan jika proses ini sudah dimulai dan akan berlanjut sehingga sepakbola AS bisa lebih baik lagi,” tutup Bruce Arena.