Gelandang Australia Kaget Masuk Nominasi Peraih Ballon d’Or

Gelandang Australia, Massimo Luongo masih merasa kaget bahwa dirinya masuk dalam daftar nominator peraih FIFA Ballon d’Or 2015. Ballon d’Or merupakan penghargaan tahunan tertinggi bagi pemain sepakbola terbaik di dunia. Dalam daftar berisikan 59 nama tersebut, Luongo berdampingan dengan pemain-pemain top dunia seperti Lionel Messi atau Crisitiano Ronaldo.Penghargaan yang dulunya diinisiasi oleh majalah France Football tersebut menjadi penghargaan paling bergengsi di dunia sepakbola.

Dalam 7 edisi terakhir, peraih gelar tersebut hanya terdiri dari dua nama, yaitu Messi dan Ronaldo. Nominator Ballon d’Or memang didominasi oleh pemain-pemain top dunia, yang berlaga di kompetisi benua Eropa. Sedangkan Luongo sendiri hanya berstatus sebagai pemain dari kasta kedua liga eropa.
Bagi pemain andalan Queens Park Rangers tersebut, ini adalah kali pertama dirinya masuk dalam daftar nominator Ballon d’Or.

Luongo mengaku, tak pernah sedikitpun terbersit di pikirannya untuk ada dalam deretan nama-nama pesepakbola terbaik sejagat tersebut. Awalnya, dia mengira bahwa hal tersebut hanya merupakan sebuah guyonan belaka.
“Saya bahkan tidak tahu bahwa hal tersebut adalah nyata. Saya kira itu hanya sebuah lelucon dari seseorang,” ujarnya saat diwawancarai The Guardian.

“Ini adalah penghargaan yang besar bagi Saya, tidak semua orang bisa masuk dalam daftar tersebut. Saya tak tahu harus bicara apa. Hal ini sedikit membingungkan bagi Saya,” tambahnya.
Masuknya nama Luongo dalam daftar nominator Ballon d’Or berawal dari permainan impresifnya bersama Australia di Piala Asia 2015. Dalam turnamen 4 tahunan tersebut, Luongo berhasil membawa Australia menjuarai Piala Asia untuk pertama kalinya, semenjak bergabung dengan AFC.

Luongo sendiri memberikan kontribusi berupa gol bagi Australia di final Piala Asia saat berhadapan dengan Korea Selatan. Meskipun masih berusia muda, permainan gemilangnya di Piala Asia 2015, membuat dirinya diganjar sebagai pemain terbaik pada turnamen tersebut.
Kini, mantan pemain Ipswich Town tersebut memulai petualangan baru bersama klub QPR di divisi dua liga Inggris. Pemain 21 tahun ini menjadi pemain penting dalam skuad QPR musim ini. Selain itu, Luongo juga tercatat sebagai satu-satunya nominator peraih Ballon d’Or yang bermain di kasta kedua liga Eropa.