Guardiola Yang Terkesima Sekaligus Menderita Dengan Permainan Napoli

Josep GuardiolaManajer Manchester City, Josep Guardiola merasa sangat terkesan dengan permainan yang ditunjukkan oleh Napoli. Guardiola bahkan menyebut jika Napoli sudah membuat dia menderita sekaligus terkesima di saat bersamaan.

Guardiola membawa Manchester City bertandang ke San Paolo, Kamis (2 November 2017) dinihari WIB di matchday 4 Liga Champions. Pertandingan berjalan seru, dengan total enam gol tercipta, saling membalikkan kedudukan, sampai akhirnya skor berakhir 4-2 untuk kemenangan The Citizens.

Napoli melakukan pendekatan agresif sejak peluit dibunyikan, menekan Manchester City melalui penguasaan bola mereka. Dalam 25 menit pertama, mereka tidak memberi celah kepada Manchester City untuk mengembangkan permainan yang terlihat dari persentase penguasaan bola hingga 62%.

Dalam periode itu pula, Napoli unggul lebih dulu lewat gol dari Lorenzo Insigne. Setelah itu, The Citizens perlahan-lahan keluar dari tekanan dan memberikan perlawanan, hingga berhasil menyamakan kedudukan melalui Nicolas Otamendi.

Momentum itu dijaga oleh Manchester City di babak kedua, yang terbantu oleh gol John Stone saat paruh ini baru berjalan dua menit. Dengan agresivitas Napoli yang mulai agak menurun di periode ini, The Citizens pun memanfaatkannya dengan baik hingga mencetak dua gol lain, sementara hanya kebobolan sekali lewat titik penalti.

Setelah memuji Napoli sebagai salah satu tim dengan serangan terbaik di Eropa, Guardiola menegaskan kekagumannya. Mantan manajer Barcelona dan Bayern Muenchen itu mengatakan jika Napoli sempat membikin dirinya menderita. Tapi sebagai penikmat sepakbola, dia terhibur dengan cara bermain mereka.

“Napoli punya sesuatu yang spesial dalam cara bermain mereka. Dalam 20 menit pertama, mereka membuat saya menderita. Tapi pada saat bersamaan sebagai penonton, saya terkesima dengan permainan mereka, saya terkejut melihat betapa bagusnya mereka bermain!” ungkap Josep Guardiola seperti dilansir dari Football Italia.

“Ketika itu terjadi, permainan sepakbola akan terlihat luar biasa. Ketika Lorenzo Insigne mencetak gol pertama, saya berpikir, mereka pantas mendapatkan itu. Sepakbola punya caranya sendiri untuk membuat penikmatinya bahagia,” jelas Josep Guardiola.