Inilah Dua Stadion Bersejarah Euro

Waktu terus berjalan dan tidak kurang lebih dari tiga bulan kedepan pesta sepakbola terbesar dari benua Eropa berwujud Piala Euro akan segera digelar. Dimana negara-negara terbaik Eropa saling beradu strategi untuk memenangkan pertandingan yang akan digelar di Prancis pada bulan Juni Hingga Juli mendatang.

Terpilihanya Prancis sebagai tuan rumah Piala Euro 2016 kali ini menjadi yang ketiga bagi negara tersebut. Tercatat negara penghasil anggur terbaik dunia ini pernah menjadi tuan rumah Piala Euro pada tahun 1986 dimana pada tahun tersebut mereka sukses menjadi juara dan jauh dari tahun sebelumnya, lebih tepatnya pada tahun 1960 dimana pada tahun itu merupakan Piala Euro pertama yang digelar oleh UEFA.

Seperti kita ketahui bersama jika pada Euro 2016 kali ini melibatkan 24 negara yang akan tampil dan pada tahun 1960 hanya ada empat kontestan yang ikut serta seperti Czeczhoslovakia, Prancis, Yugoslavia dan Uni Soviet. Dengan melihat empat negara yang bergabung, maka pihak penyelenggara hanya menggunakan dua stadion saja yakni Stadio Stade Veledrome dan Parc Des Princes.

Inilah Dua Stadion Bersejarah Euro

Yang pertama dari bagian selatan Prancis, Stade Veledrome tepatnya di kota Marseille kedapatan ambil bagian sebagai pihak penyelenggara pada dua partai Euro 1960 lalu yang mempertemukan Yugoslavia kontra Czeczoslovakia dan pertarungan tempat ketiga antara Prancis melawan Czeczoslovakia.

Stadion Sejarah Euro

Sedangkan dari sebelah utara kota Paris kedapatan untuk menyelenggarakan pertandingan semi fnal antara Prancis vs Yugoslavia dan Partai Final Uni Soviet vs Yugoslavia. Pada zaman tersebut Stadion Parc Des Princes berkapasitas 20.000 penonton dan sukses menjadi salah satu stadion termegah didunia.

Usai puluhan tahun berlalu, kali ini kedua stadion tersebut kembali digunakan dalam penyelenggaraan Euro 2016 di Prancis nanti. Kedua stadion bersejarah tersebut sudah melalui beberapa renovasi dari struktur bangunan serta fasilatas diluar maupun dalam lapangan.