Kemegahan Stade Louis II Kandang AS Monaco

Banyak stadion sepakbola di Eropa yang memiliki cerita unik dan menarik. Sebagai kutub sepakbola dunia, benua Eropa menjadi panutan dalam berbagai bidang sepakbola, mulai dari permainan, sistem kompetisi dan juga stadion. Tak heran jika banyak stadion di benua lain yang desainnya menyerupai stadion-stadion di Eropa. Salah satu stadion di Eropa yang mempunyai desain unik serta cerita menarik di dalamnya adalah, Stade Louis II di Monaco. Stadion ini berada Fontvieille, Monaco, dan merupakan kandang klub sepakbola AS Monaco. AS Monaco sendiri merupakan klub anggota Ligue 1 Perancis yang cukup disegani di kompetisi tersebut.

Tak seperti stadion kelas satu Eropa lainnya, Stade Louis II merupakan stadion kelas A yang mempunyai kapasitas di bawah 20.000 tempat duduk. desain arsitektur dari stadion ini pun cukup unik, khususnya pada bagian atap tribun. Stade Louis II berdiri pada tahun 1939, namun direnovasi untuk kemudian dibuka dan digunakan kembali pada tahun 1985. Kapasitas dari stadion ini sendiri hanya sekitar 18.000 tempat duduk dan all seated. Uniknya, sebelum direnovasi, kapasitas stadion ini mampu menampung semua warga Negara Monaco, yang jumlahnya hanya sekitar 30.000 orang.

Selain menjadi kandang AS Monaco, Stade Louis II juga menjadi kandang tim nasional sepakbola Monaco. Selain itu, stadion ini juga digunakan untuk menghelat pertandingan Piala Super Eropa mulai dari tahun 1998 hingga tahun 2012. Tak hanya digunakan untuk perhelatan sepakbola saja, stadion ini juga bisa dipakai untuk pertandingan atletik. Antara tahun 2003 hingga 2005, Stade Louis II digunakan sebagai tempat pertandingan IAAF World Atheltics Final. Event olahraga Atletik tersebut mempertandingkan beberapa cabang olahraga seperti lari, lari gawang, hingga lompat jauh.

Ada cerita yang sedikit mengenaskan dari stadion yang satu ini, pada tahun 2004 terkena serangan teroris berupa ledakan bom. Sebagian tempat di stadion ini mengalami kerusakan pada serangan tersebut. Untungnya tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Peristiwa tersebut membuat otoritas terkait menambah fasilitas keamanan untuk mencegah hal-hal serupa terjadi kembali. Kemasyuran Stade Louis II menjadi stadion kelas A Eropa karena reputasinya sebagai stadion yang nyaman dan juga aman untuk menghelat berbagai pertandingan penting klub Eropa. Jika berkesempatan datang ke Moncao, tak ada salahnya untuk berkunjung ke stadion bersejarah yang sudah menjadi saksi perjalanan AS Monaco ini.