Klub-Klub Eropa Yang Pemainnya Dikaitkan Dengan Klub Serie A

Serie APamor Liga Italia Serie A, agak meredup dalam beberapa tahun terakhir dibandingkan Liga Premier Inggris atau La Liga Spanyol. Para pemain bintang yang merumput Serie A juga masih kalah secara popularitas dan jumlah dibanding yang ada di Premier League atau di La Liga. Tidak ada pemain-pemain sekaliber Alexis Sanchez, Sergio Aguero, Eden hazard, atau Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Walaupun demikian, bukan berarti Serie A kehilangan daya tariknya. Buktinya, dari sisi pendapatan dari hak siar, liga tertinggi di Italia (Serie A) itu berada di urutan kedua di Eropa setelah Premier League.

Dari data yang dihimpun oleh European Club Footballing Landscape (UCFL) yang dilansir UEFA belum lama ini, Serie A meraup penghasilan sebesar 1 miliar euro sepanjang tahun 2016. Penghasilan rata-rata klub-klub Italia bahkan lebih besar dari penghasilan klub-klub La Liga Spanyol dan Bundesliga Jerman.

Seiring dengan itu, banyak pemain dari klub-klub top Eropa yang merapat ke Serie A. Sulitnya mendapatkan tempat bermain membuat mereka memilih Serie A sebagai tujuan. Dua pemain paling baru yang berminat pindah ke Serie A adalah Theo Walcott yang menawarkan diri ke AC Milan, serta Daniel Sturridge yang ingin pindah ke Inter Milan atau AS Roma. tiga klub raksasa Eropa yang pemainnya pada ingin pindah ke klub Serie A

Barcelona
Barcelona merupakan klub yang pemainnya paling sering dikaitkan dengan klub-klub Serie A. Berdasarkan data yang dihimpun dalam empat bulan terakhir, setidaknya ada lima pemain Barca yang kerap diberitakan bakal pindah ke Liga Italia. Mereka adalah Aleix Vidal, Sergi Roberto, Gerard Deulofeu, hingga Andres Iniesta.

Itu semua belum termasuk Rafinha, yang akhirnya benar-benar merapat ke Inter Milan. Gelandang berdarah Brasil itu resmi pindah ke IL Nerazzuri dengan status pinjaman untuk enam bulan, dengan opsi transfer permanen seharga 35 juta euro di akhir musim.

Paris Saint-Germain
Paris Saint-Germain hampir seperti Barcelona. Kelebihan stok pemain hebat membuat banyak bintang mereka yang hanya menjadi penghangat ke bangku cadangan. Akibatnya, para pemain tersebut mulai berpikir untuk mencari klub baru agar bisa bermain reguler.

Apalagi, turnamen Piala Dunia 2018 akan berlangsung beberapa bulan mendatang. Terus-menerus menjadi cadangan membuat mereka terancam tidak bisa ikut serta ke dalam skuat tim nasional.

Manchester United
Manchester United boleh dikatakan sebagai klub Inggris yang paling sering dekat klub-klub Serie A. Musim panas 2016 lalu, mereka memboyong Paul Pogba dari Juventus. Gelandang tim nasional Prancis itu menjadi pemain termahal saat itu dengan nilai transfer 105 juta euro.

Tidak hanya membeli, pemain-pemain MU sebaliknya juga sering menjadi incaraan klub-klub Serie A. Dari 27 pemain yang tergabung dalam skuat The Red Devils, setidaknya ada tiga yang belakangan dikaitkan dengan tim-tim dari Liga Italia. Mereka adalah Daley Blind, Marouane Fellaini, dan Matteo Darmian.