Libur Musim Dingin Jadi Alasan Villas Boas Zenit Tersingkir

Andre Villas Boas menyadari kelemahan yang ada didalam klub yang dia latih saat ini, Zenit St Petersburg. Dimana kekelahan yang terjadi pada Zenit diajang liga champions dini hari tadi menjadi bukti kelemahan itu ada. Dengan demikian sang pelatih menyatakan jika libur musim dingin selama dua bulan lebih liga Rusia menjadi faktor utama kenapa Zenit kalah dari Benfica dan sudah dipastikan klubnya tersebut gagal melaju ke babak selanjutnya.

Diluar dugaan Zenit harus tunduk dari Benfica dengan skor 1-2 dimarkas mereka sendiri dibabak kedua liga champions 16 besar musim ini. Hulk sempat memberikan harapan bagi publik tuan rumah dengan berhasil membuka keunggulan lewat sundulan kepalanya pada menit 69, skor pun berubah menjadi 1-0 untuk Zenit. Namun berselang beberapa menit kemudian, sang tamu mampu menyamakan kedudukan lewat kaki Nicolas Gaitan.

Hingga dipenghujung babak kedua berakhir, Benfica berhasil mengungguli Zenit lewat gol yang dibuat oleh Talisca, dengan demikian Zenit kalah selisih gol dari Benfica. Sebagai catatan skor akhir adalah 3-1 untuk kemenangan Benfica dan kita ketahui bersama jika Benfica pada pertemuan pertama mampu unggul 1-0 dari Zenit beberapa minggu yang lalu.

Villas menambahkan jika anak asuh nya tidak bermain di liga reguler Rusia selama hampir dua bulan lebih, alhasil mereka tidak bisa menjaga kondisi fisik dan kualitas mental bermainnya. Dengan kata lain, Zenit belum siap dari segi manapun.

“Usai kembali dari masa libur musim dingin selama delapan pekan lebih, jelas sangat sulit untuk mengembalikan kondisi fisik maupun mental dari pemain kami dengan cepat. Apalagi dalam urusan mencetak gol, itu akan terlihat lebih sulit sebagaimana menciptakan kekompakan yang baik dalam tim. Dan semua ini menjadi masalah yang paling serius untuk klub-klub asal Rusia,” kata Villas Boas dalam sesi wawancara usai pertandingan berakhir.

“Untuk itu, terlihat jelas perbedaan antara kami dengan yang lain. Lawan kami hari ini, sedang dalam kondisi yang baik secara fisik dan mental. Benar sekali, itu sangat membantu secara keseluruhan untuk tim ketika bermain dalam kompetisi besar,”

Sementara itu, mantan pelatih Chelsea tersebut akan mengakhiri karir nya sebagai pelatih Zenit pada akhir musim ini. Diketahui jika pihak klub Zenit tidak memberikan perpanjangan kontrak kepada Villas Boas, dengan alasan sang pelatih tidak memberikan dampak yang baik untuk klub nya di loga domestik maupun Eropa.