Mantan Pelatih Sebut Jika Inter Milan Memang Terpaksa Jual Coutinho

Phillipe CoutinhoSeiring dengan kepindahan Philippe Coutinho dari Liverpool ke Barcelona beberapa hari lalu, mantan pemain dan pelatih Inter Milan, Andrea Stramaccioni menyatakan jika betapa beratnya dulu Inter Milan melepas Coutinho ke Anfield.

Inter Milan merupakan klub Eropa pertama yang dibela oleh Coutinho. Dia diboyong dengan harga 4 juta euro pada 2008 ketika masih berusia 16 tahun. Namun, tetap berada di Vasco da Gama sampai usianya 18 tahun.

Di tahun 2010 akhirnya dia baru bisa memperkuat Inter Milan dan membuat debutnya pada 27 Agustus 2010 bersama Rafael Benitez. Pada prosesnya performa Coutinho di sektor gelandang serang cukup oke selama memperkuat La Beneamata. Pemain mencetak lima gol dan empat assists dari 47 laga bersama Inter.

Namun, Inter Milan tidak mampu mempertahankan Coutinho lebih lama lagi. Masalah keuangan disebut Stramaccioni, yang menangani Inter di era 2012-2013, membuat klub terpaksa melepasnya untuk menyeimbangkan neraca keuangan.

Coutinho pun akhirnya dijual ke Liverpool pada musim dingin 2013 dengan transfer 12,5 juta euro. Selama lima tahun merumput di Anfield, Coutinho berkembang dengan mengemas 54 gol dan 46 assists dari 201 pertandingan.

Kini harga penjualan pemain 25 tahun itu melonjak menjadi 160 juta euro atau Rp 2,58 triliun setelah direkrut oleh Barcelona. Dia pun langsung menjadi pemain termahal kedua di dunia setelah Neymar Jr.

“Saya tidak terkejut dengan kepindahan Coutinho ke Barcelona, karena dia memang sudah meningkat pesat di Premier League, dan terutama bermain untuk tim nasional Brasil, jadi dia pantas ada di klub papan atas,” kata Andrea Stramaccioni seperti yang dilansir dari Football Italia.