Menuju Pengundian Babak Utama Euro 2016

Lengkap sudah peserta babak utama Euro 2016 Perancis. Republik Irlandia, Hungaria, Swedia dan Ukraina yang menang dalam babak play off berhasil menyusul 21 tim lain yang lebih dulu lolos via babak kualifikasi dan tuan rumah Perancis yang lolos langsung. Selanjutnya, ke-25 negara ini akan dibagi ke dalam lima pot dimana pembagian pot didasarkan kepada ranking dan koefisien Negara masing-masing. Setelah pembagian pot, akan dilangsungkan pengundian untuk membagi peserta ke dalam 4 grup di Euro 2016 Perancis, dimana tiap grup berisi 5 tim.

Pot 1

Di pot pertama bercokol beberapa tim unggulan yang dijagokan untuk merebut Piala Eropa tahun depan. Ada tuan rumah Perancis, juara bertahan Spanyol, juara dunia Jerman, serta ranking pertama FIFA saat ini, Belgia. Selain itu ada Portugal dan Inggris yang melengkapi pot 1 ini.

Pot 2

Di pot 2 ada nama juara dunia empat kali, Italia. Sebenarnya Italia berhak menempati pot 1 karena nilai ini koefisien dan ranking mereka lebih unggul dibandingkan Perancis. Namun karena status Perancis sebagai tuan rumah, Italia harus rela berada di pot. Selain Italia, di pot 2 ada Latvia, Swiss, Ukraina, Kroasia dan Russia.

Pot 3

Di pot ketiga ada tim-tim kuda hitam yang siap memberikan kejutan di Euro 2016 nanti seperti Republik Ceko, Swedia dan Polandia. Selain itu ada pula Negara kejutan yang juga siap meramaikan persaingan di Euro yaitu Hungaria dan Slovakia.

Pot 4

Di pot keempat, ada beberapa Negara yang baru merasakan atmosfer Euro dan juga kembali berlaga di Euro setelah puluhan tahun absen. Negara-negara tersebut diantaranya adalah Albania, Turki, Republik Irlandia, Irlandia Utara, Islandia dan Wales.

Pengundian babak utama Euro 2016 ini sendiri akan dihelat pada 12 Desember 2015 di Paris. Ada beberapa kemungkinan terjadinya grup neraka yang diisi oleh tim-tim tangguh. Semua tim di pot pertama sebisa mungkin akan menghindari Italia di pot 2, Swedia dan Polandia di pot 3 serta Wales di pot 4. Apapun masih bisa terjadi, oleh karena itu mari kita tunggu saja hasil pengundian Euro 2016 Perancis bulan depan.