Momentum Juara Piala Eropa Bisa Buat Portugal Juara Piala Dunia

Portugal Piala Dunia 2018Sekitar 45 hari lagi sejak sekarang, pesta sepak bola paling akbar di dunia, Piala Dunia 2018, akan diselenggarakan di Rusia.

Seluruh negara kontestan mulai serius mematangkan persiapan skuat demi satu misi yang sama di Piala Dunia Rusia: menjadi juara. Bagi beberapa negara besar dengan sejarah sepak bola yang kuat, target mereka jelas memenangkannya.

Namun, semua kontestan punya peluang yang sama untuk memenangkannya Piala Dunia edisi kali ini. Belum terlihat negara mana yang akan tampil bagus atau tidak. Tidak terkecuali Timnas Portugal. Tim berjuluk Selecao das Quinas ini juga punya kesempatan juara karena alasan ini:

Tim nasional Jerman memang berstatus juara bertahan dari Piala Dunia 2014 Brasil silam. Namun, jangan lupakan jika Timnas Portugal juga berstatus juara Piala Eropa 2016.

Dari Piala Eropa hingga Piala Dunia saat ini hanya terpaut waktu dua tahun, sehingga para pemain Portugal masih merasakan momentum dan keyakinan, bahwa mereka juga bisa meraih prestasi serupa di Rusia nanti.

Portugal juga disebut kalah unggul dibandingkan Brasil, Jerman, Inggris, Argentina, atau Prancis. Namun, status mereka itu sama seperti Piala Eropa 2016. Ketika tidak diunggulkan, Portugal justru mengejutkan publik dengan menjadi juara di Prancis, melawan tim tuan rumah di pertandingan final.

Komposisi tim yang dimiliki tim nasional Portugal saat ini bisa dibilang ideal. Mereka memiliki pemain-pemain muda berbakat, yang dikombinasikan dengan pemain senior seperti Bruno Alves, Rolando, Jose Fonte, Joao Moutinho, Ricardo Quaresma, serta sang bintang Cristiano Ronaldo. Pemain senior bisa menularkan pengalaman mereka kepada pemain yang lebih muda.