Pemain Kunci Austria di Kualifikasi Euro 2016

Usai sudah babak kualifikasi Euro 2016 Perancis. 21 tim sudah memastikan diri untuk berlaga di babak utama Euro 2016 Perancis. 4 tempat tersisa akan diperebutkan oleh 8 tim peringkat ketiga di babak play off. Beberapa rekor dan kejutan terjadi di perhelatan kualifikasi Euro 2016 lalu.

Salah satu kejutan yang terjadi di babak kualifikasi adalah keberhasilan Austria menjadi juara grup G. Austria berhasil menyingkirkan tim-tim yang lebih difavoritkan seperti Russia dan Swedia. Tak cukup sampai disitu, Austria juga mencatatkan rekor sempurna tak pernah kalah di 10 laga yang dijalaninya di babak grup.

Pencapaian tersebut merupakan prestasi tersendiri bagi timnas Austria. Anak asuhan Marceloo Koller ini membuktikan bahwa kolektivitas antar pemain mampu mendongkrak permainan tim. Beberapa pemain memang menjadi kunci keberhasilan Austria melaju mulus ke Perancis.
Berikut ini 3 pemain kunci timnas Austria yang mempunyai peran penting dalam kesuksesan Austria menjadi juara grup G di babak kualifikasi Euro 2016.

1. David Alaba
Meski masih terhitung sebagai pemain muda, David Alaba tak canggung bermain dengan para seniornya. Bek yang bermain bersama raksasa Jerman, Bayern Munchen ini menjadi salah satu pemain yang selalu memberikan kontribusi maksimal. Di Perancis 2016 nanti, Alaba diprediksi akan menjadi salah satu pemain muda yang akan bersinar.

2. Marc Janko
Juru gedor utama Austria ini menjadi top skor tim dalam babak kualifikasi Euro 2016 dengan raihan 7 gol. Penyerang klub Swiss, Basel ini menjadi tumpuan Marcelo Koller untuk menjebol gawang lawan. Meski sudah berusia kepala tiga, Janko masih tetap dipercaya sebagai penyerang utama timnas Austria bersama Marco Arnatouvic.

3. Martin Harnik
Penyerang kelahiran Hamburg Jerman ini menjadi andalan Austria di lini tengah. Harnik merupakan sosok pemimpin yang disegani oleh pemain-pemain lain. Saat bertandang ke Swedia, Harnik turut menyumbang 2 gol saat Austria menang telak 4-1 atas Swedia. Bisa dibilang, peran Markus Harnik cukup vital bagi timnas Austria.
Itu tadi 3 pemain kunci timnas Austria pada babak kualifikasi Euro 2016 grup G. Keberhasilan Austria menembus babak utama Euro 2016 merupakan prestasi bagi persepakbolaan Austria dalam satu dekade terakhir. Patut disimak bagaimana kiprah Marko Arnatouvic dkk. di Perancis nanti.