Pensiun dari Pesepakbola Sukses Menjadi Pengusaha

Setelah pensiun dari lapangan hijau, sebagian besar pemain sepakbola memilih untuk berkarir tidak jauh-jauh dari dunia si kulit bundar. Entah itu menjadi pelatih, pengurus klub, duta klub sepakbola, hingga pengamat dunia sepakbola. Profesi yang berkaitan dengan sepakbola memang sangat pas bagi para pensiunan pemain sepakbola.

Namun, ada sebagian pesepakbola yang banting stir dan memilih profesi yang bertolak belakang dengan profesi terdahulunya. Salah satu profesi yang banyak dipilih oleh pesepakbola setelah pensiun adalah menjadi seorang pengusaha. Dunia bisnis memang sangat menggiurkan, tak heran jika banyak pensiunan pesepakbola yang mencoba meraih sukses di bidang tersebut.

Berikut ini 5 pesepakbola yang sukses sebagai pengusaha.
1. Faustino Asprilia
Mantan punggawa AC Parma dan Newcastle United ini setelah pensiun mencoba peruntungannya di dunia bisnis. Bisnis yang dipilihnya pun cukup unik, yaitu bisnis dalam produksi kondom rasa buah-buahan. Asprilia sendiri memberi nama merk kondom perusahannya dengan namanya sendiri. Sungguh unik.

2. Tomas Brolin
Legenda sepakbola Swedia ini memilih berkarir di dunia bisnis setelah pensiun dari lapangan hijau. Mantan pemain Leeds United dan AC Parma ini pernah menjadi pengusaha sepatu, bisnis jual beli vacuum cleaner, hingga menjadi pengusaha restoran.

3. Michael Owen
Pemain terbaik Eropa tahun 1998 ini setelah pensiun di usia yang cukup muda, 33 tahun, mencoba peruntungan di bidang bisnis. Selain menjadi pundit atau komentator di acara sepakbola, Owen memiliki sebuah bisnis yang juga merupakan hobinya, yaitu berkuda. Owen memiliki puluhan kuda balap yang dia ternak sendiri. Kuda balap tersebut bisa disewa untuk dipertandingkan. Jenius.

4. Robbie Fowler
Mantan penyerang Liverpool ini memilih bisnis di bidang property setelah pensiun dari sepakbola. Aset yang dimiliki Fowler juga cukup banyak dan tersebar di beberapa kota di Inggris. diperkirakan nilai aset di bidang properti miliknya mencapai 30 juta pounds.

5. Rio Ferdinand
Mantan bek Manchester United ini memilih bisnis di bidang restoran untuk persiapan masa pensiunnya. Restoran yang dimiliki Rio Ferdy adalah restoran Italia yang cukup besar tak jauh dari pusat kota London. Hingga saat ini restoran Italia miliknya mempunyai ratusan karyawan.
Itu tadi 5 pesepakbola yang berkarir di dunia bisnis setelah pensiun dari sepakbola. Menjadi pengusaha memang pilihan yang tepat mengingat dengan terjun ke dunia bisnis, masa depan keluarga para pesepakbola tersebut akan terjamin.