Pesona Anwar El Ghazi di Eredivisie Musim Ini

Ajax Amsterdam nampaknya tak pernah kehabisan talenta muda. Setiap musimnya, klub yang bermarkas di Amsterdam Arena ini berhasil mencetak deretan pemain-pemain muda berkualitas. Nama-nama besar sepakbola dunia seperti Johan Curijff, Frank Rijkaard, Dennis Bergkamp, Edgar Davids, Wesley Sneidjer, hingga Rafael van der Vart merupakan produk dari akademi Ajax yang tersohor itu. Musim ini, Ajax masih saja memegang tradisi untuk memberi kesempatan bermain yang lebih kepada para pemain muda didikan akademinya.

Sosok pemain asli didikan akademi Ajaz yang cukup mencolok musim ini adalah penyerang berusia 20 tahun, Anwar El Ghazi. Pemain berdarah Maroko ini mencuri perhatian publik sepakbola Belanda lewat aksinya di Eredivisie musim ini. Hingga pekan ke-8 liga Belanda, pemain kelahiran tahun1955 ini memimpin daftar pencetak gol terbanyak sementara Eredivisie Belanda bersama pemain PSV Luke de Jong, dengan torehan 7 gol. Penampilan impresif Anwar El Ghazi cukup membuat publik Belanda terhenyak.

Pasalnya selain bermain gemilang, El Ghazi juga mampu menyingkirkan nama-nama yang lebih senior di barisan penyerang Ajax seperti Yaya Sanogo, Amin Younes, hingga Lasse Schone. Anwar El Ghazi bermain penuh di semua laga yang dijalani Ajax Amsterdam di liga Belanda musim ini tanpa pernah digantikan. Prestasi tersebut harus disyukuri pemain yang menggunakan nomor punggung 21 ini. Kepercayaan pelatih Ajax Frank de Boer tidak disia-siakan Anwar untuk menunjukkan permainan terbaiknya.

Anwar El Ghazi berhasil meneruskan tradisi Ajax sebagai pencetak talenta-talenta muda berkualitas. Tantangan berat masih harus dijalani Ajax dan El Ghazi di musim ini. Meraih kembali gelar Eredivisie yang dicuri oleh PSV Eindhoven dan kembali berada di ajang liga Champions musim depan menjadi target yang harus bisa dipenuhi oleh Ajax dan El Ghazi. Hingga pekan ke-8 Eredivisie Belanda, Ajax masih memuncaki klasemen dengan poin 19.

PSV masih menempel di urutan kedua dengan poin yang sama, namun kalah agresitivitas gol. Liga Belanda musim 2015/2016 masih menyisakan banyak pertandingan. Apapun bisa terjadi. Oleh karena itu, jika menginginkan Ajax meraih gelar juara liga, Anwar El Ghazi harus bisa bermain secara konsisten dan mampu mencetak banyak gol. Bukan tidak mungkin jika El Ghazi terus bermain baik, dirinya akan menjadi skuad timnas senior Belanda.