Ronald Koeman Pantas Jadi Pelatih Timnas Belanda

Ronald Koeman menjadi salah satu sosok yang layak menjadi pelatih timnas Belanda masa depan. Banyaknya pengalamannya sebagai pelatih di berbagai klub merupakan salah satu alasannya.

Menjalani pekerjaan sebagai pelatih, Ronald Koeman sudah banyak berperan penting, diantaranya dalam empat liga di Eropa. Selain bersama Everton, dia pernah membawahi klub di Belanda, Spanyol, dan Portugal.

Berbekal dengan pengalamannya tersebut, pengetahuan melatih Koeman tentang dunia sepakbola dinilai sudah tinggi. Ini yang menjadikan, mantan pemain De Oranje, yakni Ruud Gullit, mengungkapkan bahwa dia sangat pas menjadi pelatih timnas Belanda nantinya.

” Tim Nasional Belanda saat ini berada dalam kondisi yang cukup baik dalam beberapa tahun belakangan ini sebagai ukuran tim kecil. Saya begitu senang dengan perkembangangan tim negara saya ini, pasalnya kami merupakan negara sepakbola, ” papar Gullit.

Gullit juga mengungkapkan bahwa Koeman adalah pelatih yang mudah menyesuaikan diri. Dia sudah menjalani karir bersama Ajax, Feyenord, dan di beberapa negara lainnya. Pelatih ini juga pernah merasakan tekanan yang pelik saat timnya terpuruk.

” Dia merupakan satu-satunya yang dapat menyaksikan bahwa Belanda sudah berbuat hal yang salah dari pandangan di luar timnas. Itulah alasan saya bahwa dia akan menjadi pelatih yang pas bagi timnas Oranje. Dia tahu dengan baik jalannya laga di timnas ini. pengalamannya juga akan membuka pikiran bahwa banyak hal yang dapat diterapkan untuk kemajuan Belanda, ” ungkap Ruud Gullit lagi.

Timnas Belanda sekarang ini sudah dilatih oleh Danny Blind. Dia baru satu kali menjadi pelatih untuk tim inti. Dengan 17 laga yang sudah dimainkan Blind dengan Belanda, dengan perolehan delapan kali sukses dan tiga kali hasil seri, serta enam kali mengalami kegagalan.