Ballon D’Or ketujuh untuk Lionel Messi

Ballon D’Or ketujuh untuk Lionel Messi.

Pemain depan Paris Saint-Germain Lionel Messi dianugerahi Ballon d’Or untuk ketujuh kalinya di tempat acara yang digelar di Theater du Chatelet di Paris pada hari Senin malam.

Messi, yang membawa Argentina meraih sukses Copa America di Brasil pada Juli lalu untuk trofi besar pertama mereka sejak 1993, menghabiskan sebagian besar tahun 2020 di Barcelona setelah mengabdi selama 21 tahun di klub dan berakhir ketika ia pergi dengan gratis pada Agustus untuk bergabung dengan PSG.

Dia sekarang memiliki dua penghargaan Ballon d’Or lebih banyak daripada Cristiano Ronaldo yang bermain untuk Manchester United sekarang.
Messi menambah trofi 2009, 2010, 2011, 2012, 2015 dan 2019 dengan pengumumannya pada Senin malam.

“Luar biasa bisa berada di sini lagi. Dua tahun lalu saya pikir itu adalah yang terakhir. Memenangkan Copa America adalah kuncinya,” kata Messi. “Ini adalah tahun yang spesial bagi saya dengan gelar Copa America ini. Sangat berarti untuk menang di stadion Maracana dan saya sangat senang merayakannya dengan orang-orang dari Argentina.

“Saya tidak tahu apakah ini tahun terbaik dalam hidup saya, saya memiliki karir yang panjang, tetapi itu adalah tahun yang spesial dengan gelar bersama Argentina setelah masa-masa sulit dan kritik.”

Messi mengalahkan 29 nominasi lainnya untuk penghargaan tersebut, termasuk striker Bayern Munich Robert Lewandowski, yang menjadi favorit untuk penghargaan tahun lalu sebelum dibatalkan karena pandemi virus corona.

Lewandowski dinominasikan untuk penghargaan itu lagi tahun ini setelah ia memecahkan rekor gol tunggal legenda Bayern Gerd Muller di Bundesliga pada Mei setelah ia mencetak 41 gol liga musim lalu, serta memenangkan Sepatu Emas Eropa.

Meskipun Lewandowski tidak memenangkan hadiah terbesar malam itu, ia dinobatkan sebagai Striker of the Year pada acara tersebut dan berada di urutan kedua setelah Messi dalam pemungutan suara terakhir.

Gelandang Chelsea Jorginho juga diperkirakan akan menerima penghargaan tersebut setelah memenangkan permainan di mpo222 dan di Liga Champions musim lalu dengan tim klubnya sebelum memainkan peran penting dalam kemenangan Italia di Euro 2020.

Mohamed Salah dari Liverpool, Karim Benzema dari Real Madrid dan Kylian Mbappe serta Neymar dari PSG juga dinominasikan untuk penghargaan tersebut.

Gianluigi Donnarumma dari AC Milan, yang juga menjadi finalis pemain terbaik Ballon d’Or, dinobatkan sebagai Kiper Terbaik Tahun Ini.

Baca Juga: Kroos: Jika Pindah Ke Prancis, Ke PSG Atau Tidak Sama Sekali

Chelsea, yang tim putra mereka memenangkan Liga Champions UEFA pada 2021 dan tim putri mereka memenangkan Liga Super Wanita, dinobatkan sebagai Tim Terbaik Tahun Ini, dengan manajer Thomas Tuchel dan Emma Hayes menerima penghargaan dari jarak jauh karena pembatasan COVID-19.

Ballon d’Or diberikan setiap tahun oleh France Football, dengan Penghargaan Terbaik FIFA diberikan setiap tahun – Messi memenangkan penghargaan itu untuk pertama kalinya pada tahun 2020.

Gelandang Barca Pedri memenangkan Trofi Kopa sebagai pemain muda terbaik Eropa, yang datang hanya seminggu setelah ia mengklaim penghargaan Golden Boy.